Formasi Sepak Bola 7 Orang

Dengan lebih sedikit proses yang harus dilalui untuk mendapatkan bentuk terkait, skema tiga bek sanggup lebih stabil ketika menyusun serangan karena pemain jadi lebih cepat berada di posisi masing-masing. Selain itu tanpa banyak perubahan gaya, tentunya akan lebih membantu untuk menghindarkan pemain dri kebingungan akan sistem main. ; Penerapan dari pola pertahanan seperti ini akan melibatkan seluruh pemain untuk menjaga pergerakan dari tim lawan. Seluruh pergerakan dari pada pemain di tim musuh akan di kawal dengan sangat ketat.

Bentuk paling kuat dari skema empat bek adalah andai mereka hanya memakai 1 striker, jadi sistem ini merespon juga dengan hal yang sama. Efektifitas peran gelandang bertahan cukup beragam dalam fase ini, karena sangat bergantung kepada kepandaiannya membaca permainan, kecepatannya bergerak, sekaligus skillnya untuk menghadang lawan. Sebenarnya gelandang bertahan bukan solusi nyata di pendekatan ini, karena pemain secerdas Sergio Busquets saja masih sering gagal melaksanakan tugas.

Di sinilah ragam milik Paulo Sousa dalam Fiorentina menjadi solusi sempurna untuk masalah ini. Sederhananya, formasi ini menyeimbangkan pertarungan di area lain ketika bertemu dengan skema empat bek, dengan hanya menggunakan satu daripada dua striker seperti di 3-5-2.

Jadi, pemain lawan akan terus ditonton dengan pemain yang berhadapan di tempat yang sama. Bila bola berpindah ke pemain lain maka player yang posisi lebih dekat harus memiliki inisiatif melancarkan penjagaan. Dan yang ini adalah formasi, formasi dalam cukup tua dan jauh jarang diterapkan dibanding empat formasi di atas. Namun, beberapa kali Jose Mourinho lalu Pep Guardiola terbukti berjaya menerapkan taktik ini pada beberapa kesempatan.

Justru intimidasi oleh melempar lebih banyak pemain ke depan sejak depan yang berperan lebih besar dalam MENCEGAH serangan balik berbahaya agar tidak berlangsung. Proteksi atas serangan balik akan diberikan oleh gelandang bertahan yang harus bersedia menutup posisi kedua fullback, tergantung di flank mana serangan balik datang. Dapat kita lihat disini andai ada satu lagi tugas untuk gelandang bertahan, padahal di fase sebelumnya dia juga harus menginisiasi build up serangan dengan turun untuk memperlebar area sirkulasi bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *